3 Kisah Perjalanan Ibadah Haji ke Mekkah dengan berjalan Kaki

67 views

Kangbedol.com – Dalam rukun kelima bagi umat islam yang  mampu secara materi maupun fisik, wajib hukumnya untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Dan berikut berbagai kisah orang-orang didunia ini tengah menginspirasi karena melakukan perjalanan ibadah haji ke mekkah dengan berjalan kaki. Bagaimana kisahnya, berikut ini kisah perjalanan inspiratif perjalanan ke mekkah.

Jika anda ditanya ingin ke mekkah, pasti jawabanya mau, sayang banyak orang yang belum mampu untuk pergi beribadah haji karena faktor biaya. Seperti yang dilakukan oleh beberapa orang ini untuk pergi beribadah haji ke mekkah hanya dengan berjalan kaki dan menggunakan sepeda saja. Mari kita simak kisanya di 3 Kisah Perjalanan Ibadah Haji ke Mekkah dengan berjalan Kaki

1. Mochammad Khamim Setiawan

3 Kisah Perjalanan Ibadah Haji ke Mekkah dengan berjalan Kaki
Mochammad Khamim Setiawan

Pria asal Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Mochammad Khamim Setiawan (28), Pria yang biasa disapa Aim ini berjalan kaki dari Indonesia ke Mekkah sekitar satu tahun lamanya. Khamim mulai melakukan perjananannya dari pekalongan, jawa tengah sejak 28 Agustus 2016, dengan berbekal Tas ransel yang berisi pakaian, GPS, Ponsel, kitab suci Al Quran, dan bendera mini Merah putih, untuk melakukan perjalanan sejauh lebih dari 9000 KM dengan berjalan kaki.

Khamim mempunyai alasan tersendiri mengapa ia berjalan kaki ke Mekkah, ia ingin menguji fisik dan spiritualnya, serta ingin membagikan harapan kepada semua orang bahwa tidak ada yang tak mungkin, asal ada niat dan kemauan seperti ke mekkah dengan berjalan kaki.

Dalam perjalananya ke tanah suci Mekkah, khamim sering beristirahat di Masjid, Rumah warga, hingga hutan diberbagai negara, menurutnya tak ada suatu hal yang mengganggu perjalanannya, khamim percaya bahwa ALLAH telah melindunginya. Sebelum memulai perjalanannya ini khamim telah mengantongi surat izin resmi dari pemerintahan indonesia, dan diperkirakan akan sampai ke tanah suci mekkah pada tanggal 30 Agustus 2017.

2. Mohammed Rahmathullah Khan

3 Kisah Perjalanan Ibadah Haji ke Mekkah dengan berjalan Kaki
Mohammed Rahmathullah Khan

Pria asal India Mohammed Rahmathullah Khan yang berprofesi sebagai tukang listik, melakukan ibadah haji ke tanah suci mekkah dengan berjalan kaki. Setelah mengantongi surat izin resmi dari pemerintahan india, Khan memulai perjalanannya pada tanggal 5 Februari 2016, dengan menempuh jarak perjalanan lebih dari 7000 KM.

Dalam sesi wawancara stasiun televisi India khan menjelaskan bahwa ia berjalan 50 samapi 60 KM setiap harinya, dari pukul 6 pagi sampai pukul setengah 7 malam. dalam menempuh perjalanannya Khan tak banyak mendapat rintangan, bahkan ia lebih banyak mendapatkan pertolongan dan kemudahan di berbagai negara, dan ia berharap akan sampai ke mekkah pada akhir Agustus 2017.

3. Isaac Bannour

3 Kisah Perjalanan Ibadah Haji ke Mekkah dengan berjalan Kaki
Isaac Bannour

Pria asal sepanyol yang berprofesi sebagai petenis ini melakukan perjalanan ibadah umrah dari Prancis ke tanah suci Mekkah dengan berjalan kaki, ia memutuskan berjalan kaki dengan mendorong sebuah troli yang berisi pakaian, tenda, dan makanan. Isaac Bannour menghabiskan waktu perjalanan selama 6 bulan dari prancis ke Mekkah dengan berjalan kaki lebih dari  7000 KM.

Baca Juga : Bermodalkan 5 Ekor Ayam Suciati Wujudkan Mimpi Bangun Masjid Megah

Dikabarkan Isaac telah melewati 17 negara seperti German, Austria, Slovenia, Kroasia, Bosnia, Montenegro, Serbia, Kosovo, bulgaria, Turki, Iran, dan beberapa negara lainnya. Menurut isaac masyarakat eropa masih kurang paham sepenuhnya tentang konsep dan nilai asli islam, oleh karena itu ia mempromosikan islam dengan jalan damai dan melakukan ibadah umrah.

Dalam sehari isaac mampu berjalan hingga 50 KM, melewati medan berat seperti medan salju di Prancis dan Austria, semua itu tak menyurutkan semangatnya untuk sampai ke tanah suci Mekkah. Perjuangannya juga dibantu oleh pejabat kementrian dalam negeri Saudi Arabia, dengan memberikan nomor kontak yang bisa ia hubungi jika membutuhkan bantuan.

Itulah 3 kisah perjalanan ibadah haji ke Mekkah dengan berjalan kaki, semoga perjalanan mereka tersebut bisa memberi inspirasi kepada kita semua, bahwa jika ALLAH sudah berkehendak , maka tidak ada yang tak mungkin didunia ini.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *