Cara Baru reset Printer Canon G2000 error 5B00

1,383 views

Kangbedol.com – Printer canon merupakan jenis printer Inkjet yang paling banyak beredar dikalangan masyarakat umum, selain harganya yang sangat terjangkau, printer canon juga terkenal awet. Namun demikian bukan berarti printer canon tak pernah mengalami kendala atau masalah. Contohnya saja pada pada postingan yang akan saya bahas kali ini tentang cara reset Printer Canon G2000.

Dari beberapa masalah yang paling sering ditimbulkan oleh kebanyakan merk canon adalah error 5b00, jika sudah muncul pesan tersebut maka printer tidak bisa lagi berfungsi alias tidak bisa digunakan untuk mencetak. Pesan error 5b00 ini muncul akibat printer sudah melebihi batas kapasitas dalam mencetak, sehingga printer tersebut harus direset ke hitungan awal (0).

Cara Baru reset Printer Canon G2000 error 5B00
Printer Canon G2000

Biasanya untuk mengatasi error 5b00 ini printer harus direset ulang dengan cara menggunakan sebuah perangkat software atau dengan cara mengganti komponen eeprom yang terpasang dimotherboard printer berbentuk IC.

Nah kali ini saya akan membahas mengenai cara reset Printer Canon G2000 yang mengalami error 5b00. Ceritanya begini, beberapa hari yang lalu, saya dimintai tolong oleh seorang teman, untuk mengatasi printer miliknya yang mengalami error 5b00, kebetulan printer tersebut merk canon G2000.

Cara Baru reset Printer Canon G2000 error 5B00
Printer Canon G2000 error 5B00

 

Cara Reset Printer Canon G2000

 

1. Menggunakan Software Reset Printer

Setelah mencari tau dengan cara browsing di internet, saya mendapatkan beberapa solusi, diantaranya menggunakan beberapa software reset printer seperti, Software Canon service tool  V4905 Resetter Canon G Series, service tool Wic Reset V5.0.11. Dan masih ada lagi Software yang lain, yang coba saya gunakan. Dengan sarat dan ketentuan printer harus dalam keadaan service mode. Namun tak satu pun yang berhasil, printer tetap tidak mau beroperasi, sedangkan indikator LED tetap blink. Percobaan pertama gagal total.

Baca juga : Cara Reset Printer Epson-L220-L130-L310-L360-L365-Offline

2. Mengganti IC Eeprom

Setelah gagal total pada cara yang pertama, akhirnya saya beralih ke cara yang kedua, yaitu mengganti IC eeprom 4G16 yang ada pada motherboard printer canon G2000 dengan cara membongkar printer. IC EEPROM 4G16 saya dapatkan dengan cara membeli disebuah toko online yang sudah sangat terpercaya, untuk harganya 1 buah IC eeprom kurang lebih Rp. 35.000. Alhamdulillah percobaan kedua akhirnya berhasil.

Cara Baru reset Printer Canon G2000 error 5B00
IC EEPROM 4G16

Cara Pemasangan IC Eeprom 4G16

Prosedur Pemasangan IC Eeprom 4G16 yang Baru. Berhubung bentuk dari IC eeprom cukup kecil, gunakan ujung Tip mata solder IC 30 watt

  • Lepaskan IC lama, dengan cara tambahkan timah pada ke-4 kaki IC di board, gabungkan ke 4 kakinya, sisi kanan dan kiri, panaskan secara bergantian, kanan – kiri, kanan – kiri, hingga dapat di geser atau terlepas ke salah satu sisinya.
  • IC jangan di angkat karena dapat melepas jalur yg ada pada motherboard.
  • Rapikan jalur dengan timah baru agar mudah meleleh.
  • Tambahkan timah pada kaki-kaki IC pengganti agar mudah menempel.
  • Solder terlebih dahulu ujung kiri atas, lanjut kaki kanan bawah secara menyilang, setelah semua kaki tepat pada posisi nya, tekan satu per satu kaki lainnya dengan ujung Tip mata solder IC.
  • Setelah selesai memasang IC eeprom, pasang kembali motherboard printer keposisi semula, untuk pengetesan.
  • Lakukan langkah awal, pada saat pertama kali loading, dengan menekan tombol stop reset selama kurang lebih 5 detik.

Demikianlah cara reset printer Canon G2000 dengan cara mengganti IC eeprom yang ada pada motherboard printer. Cara ini juga bisa anda lakukan terhadap jenis printer canon G1000, G3000.

Artikel Terkait : Cara Reset Printer Brother DCP-J140W Machine Error 46

Kesimpulan

Untuk mereset printer Canon G2000, berdasarkan pengalaman saya, jika printer masih bisa di Sevice Mode, kemungkinan masih bisa direset dengan menggunakan software reset printer. Namun jika printer sudah tidak bisa di Service Mode kemungkinan besar harus ganti IC EEPROM. Intinya jika printer sudah tidak bisa direset menggunakan software, maka solusi terakhir ganti IC Eeprom-nya.


Baca Artikel Lainnya:

3 comments

  1. Terima kasih gan tutorial nya, mumpung masih garansi printer nya saya balikin ke toko nya aja utk di service nanti kalau sudah habis garansi baru saya coba ganti ic sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *