Cara Baru Setting CCTV Online di HP Android

409 views

Kangbedol.com – Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, memang tak bisa kita pungkiri sangat membantu sekali sebuah pekerjaan dan aktifitas kita sehari-hari. Seperti Artikel yang akan saya buat kali ini, sesuai dengan judul diatas Cara baru setting CCTV online di HP android.

Dulu untuk mengetahui sebuah aktifitas disuatu tempat, anda harus mengunjungi (berada ditempat itu) tempat tersebut, namun untuk saat ini anda tak perlu repot lagi seperti itu , sebagai contoh, jika anda memiliki sebuah Hotel, Toko, Tempat makan atau mungkin yang lainya, sebagai pemilik tentu saja anda akan selalu ingin tahu semua aktifitas yang ada di tempat tersebut, sedangkan anda seorang yang sibuk, yang setiap saat tidak ada ditempat.

Cara Baru Setting CCTV Online di HP Android
CCTV Online

Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, semua masalah tersebut dapat anda atasi dengan sangat mudah, caranya adalah dengan memasang sebuah perangkat teknologi CCTV Online, dengan demikian semua aktifitas yang ada ditempat tersebut, setiap saat dapat anda pantau/liat secara jelas.

Apa Itu Perangkat CCTV

Sebenarnya Perangkat CCTV (Closed Circuit Television) ini sudah sejak lama ada, namun untuk pemakaianya belum sefamiliar seperti sekarang ini. perangkat yang terdiri dari DVR (Digital Video Recorder), dan sebuah Kamera yang memiliki fungsi masing-masing.

Fungsi dari DVR adalah melakukan perekaman gambar kedalam media format digital ke Disk drive, Kartu memory, USB flash drive dan lain sebagainya. Sedangkan fungsi dari kamera adalah menangkap atau membuat suatu gambar dari objek, yang selanjutnya akan dibiaskan melalui lensa kemudian direkam dan disimpan dalam sebuah format digital.

Cara Melihat CCTV Secara Online di HP Android

Ada banyak cara dan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membantu menghubungkan CCTV yang anda pasang secara online, sehingga anda dapat mengawasi tempat yang anda miliki setiap saat dengan mudah, salah satunya adalah cara yang pernah saya gunakan ini.

Cara inilah yang sekarang akan saya bagikan kepada anda semua, untuk anda kususnya yang sudah memasang perangkat CCTV baik itu dirumah atau ditempat usaha, dan kebetulan ingin melihat CCTV tersebut secara online dengan menggunakan HP android dimana saja anda berada, anda bisa mengikuti cara yang pernah saya lakukan ini.

Perlu anda ketahuai, bahwa cara ini tidak mendukung di semua perangkat DVR yang anda gunakan, anda bisa melihatnya terlebih dahulu apakah DVR yang anda gunakan sudah mendukung teknologi P2P (peer to peer).

Artikel Terkait : Cara Setting CCTV Online DVR Hikvision ke Android

#Install dan Setting Aplikasi gDMSS Lite di Android

Berikut ini adalah cara serta langkah-langkah untuk menghubungkan CCTV yang anda miliki ke HP Android secara online.

1. Pastikan anda sudah memiliki jaringan internet seperti Speedy atau yang lainnya.

2. Download aplikasi gDMSS Lite dari google play store di android anda.

3. Buka aplikasi gDMMSS Lite yang sudah anda install, sentuh HOME => Device Manager, pada device manager sentuh tanda + (plus).

Cara Baru Setting CCTV Online di HP Android

4. Selanjutnya sentuh menu P2P, lalu isi data-data yang diperlukan, kolom Nama bisa anda isi sesuai dengan yang anda inginkan, kolom SN isi dengan Barkode (kode barang) yang ada pada menu P2P pada DVR anda (kode tersebutlah yang nantinnya akan menghubungkan DVR ke Android), Username dan password isi dengan admin, untuk yang lainya biarkan saja, kemudian sentuh Start Live Preview.

Cara Baru Setting CCTV Online di HP Android

Untuk sementara instalisasi aplikasi di Android anda sudah selesai, selanjutnya anda perlu melakukan instalisasi di DVR.

#Cara Setting DVR ke HP Android Secara Online

Baca Juga : Cara Reset DVR CP PLUS Password Admin

1. Masuk ke DVR dengan username dan password yang ada, pilih Network, lalu isi IP Address dengan IP yang sesuai dengan jaringan yang anda gunakan, atau anda bisa memilih Mode DHCP jika tidak ingin menggunakan IP static, klik Save untuk menyimpan.

Cara Baru Setting CCTV Online di HP Android
2. Untuk melihat apakah DVR sudah terhubung dengan jaringan internet, klik Test, jika sudah terhubung dengan benar, maka akan terlihat tulisan “Network Status OK“.Dengan terhubungnya DVR ke jaringan internet maka pekerjaan anda telah berhasil, untuk memastikannya anda bisa membuka aplikasi gDMSS Lite yang sudah terinstall di android anda, jika layar CCTV sudah terbuka itu menandakan DVR sudah terhubung ke jaringan internet (online) secara sempurna, dengan demikian anda bisa melihat CCTV milik anda secara online dimana pun anda berada, yang penting masih terdapat jaringan internet.


Artikel Menarik Lainnya :

9 comments

    1. Tinggal setting aja mas cari aplikasinya yg cocok untuk android, karena beda merk DVR juga beda aplikasinya, contoh seperti artikel diatas

    1. Tidak mas, yang dibutuhkan cuma koneksi internet saja, selanjutnya tinggal setting DVR dan install aplikasi yang dibutuhkan di android, contoh seperti artikel diatas

      1. assalamualaikum,
        Mas bagaimana cara setting dengan 4 kabel cctv dan 1 LAN CCTV tp port LAN DVR cuma satu, supaya bisa terlihat di HP

        1. Wkmslm wr.wb, 4 kabel maksudnya bagaimana mas? untuk Port LAN saya kira untuk semua merk emang cuma 1 port, Port tersebutlah nantinya digunakan untuk menghubungkan kabel LAN ke modem/internet, sedangkan untuk koneksi ke HP, mas bisa mengikuti tutorial diatas. Setelah terkoneksi maka semua camera yg ada akan terlihat di hp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *