Cara Install SPSS 26 dan Aktivasi di Windows 10,8,7

124 views

Kangbedol.com – IBM SPSS Statistics 26 merupakan sebuah software yang sering digunakan untuk pengolahan data statistik dan manajemen. Sayangnya tidak semua orang bisa meng-install software SPSS ini, banyak tahapan yang harus anda lewati ketika penginstallan berlangsung dan yang paling penting lagi adalah cara aktivasi software IBM SPSS Statistic 26 agar menjadi full version, sehingga nantinya anda bisa menggunakan aplikasi ini selamanya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tentang cara intsall SPSS 26 di windows 7, 8.1, dan windows 10 dengan sistem 32 bit ataupun sistem 64 bit.

Software IBM SPSS Statistik sekarang telah update versi terbaru yakni versi 26, versi terbaru ini telah banyak mengalami perbaikan-berbaikan serta menyediakan berbagai macam opsi serta fitur baru yang bisa anda gunakan untuk menganalisis dan meneliti berbagai bidang ilmu yang berkaitan dengan pemetaan, peneliti kesehatan, lembaga perdagangan, perusahaan, pemerintah, perusahaan pemetaan, peneliti pendidikan, serta ilmu statistic dan managemen lainnya.

Cara Install SPSS 26 dan Aktivasi di Windows 10,8,7

Biasanya Software SPSS Statistic ini banyak pakai oleh para mahasiswa dan organisasi perusahaan, berguna untuk membantu menyusun data laporan dan untuk audit, sehingga nantinya akan tercipta informasi data yang akan ditentukan. IBM SPSS 26 terbaru ini memiliki fitur yang bisa diandalkan untuk mengolah data statistik anda dari mulai fitur yang bersifat tools analitik hingga tools prediktif dan komprehensif.

Untuk menginstall IBM SPSS versi 26 ini anda harus memiliki master software SPSS, jika anda belum memilikinya anda bisa download software master IBM SPSS 26 Statistic full version pada link dibawah ini.

Setelah anda memiliki file master installer IBM SPSS 26, maka selanjutnya proses installisasi SPSS 26 sudah dapat anda lakukan. Namun perlu untuk anda ketahui bahwa sebelum proses install anda lakukan, anda harus mematikan koneksi internet anda terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Install Software IBM SPSS Statistics 26 di Windows 10, 8.1, 7

  • Ekstrak file master installer IBM SPSS 26 yang sudah anda download menggunakan aplikasi winrar atau zip. Selanjutnya, silahkan anda buka folder hasil ekstrak SSCLIENT_26.0 > Windows > lalu cari file “Setup.exe” dan jalankan dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as administrator“. Setelah muncul jendela User Account Control klik “Yes” Setelah itu akan muncul jendela Setup SPSS 26, anda bisa memilih menu “Install IBM SPSS Statistics 26“.

Cara Install SPSS 26 dan Aktivasi di Windows 10,8,7

  • Kemudian setelah muncul jendela Setup SPSS 26 tahap awal, silahkan klik saja “Next” untuk melanjutkan. Pada jendela tahap selanjutnya, perhatikan pada tulisan “Install IBM SPSS Statistics – Essentials for Python” silahkan anda pilih “Yes” lalu klik “Next“.

Cara Install SPSS 26 dan Aktivasi di Windows 10,8,7

  • Selanjutnya akan akan muncul jendela setup berikutnya pilih saja tulisan “I accept the terms in the license agreement” untuk melanjutkan setup, setelah itu klik “Next“.

Cara Install SPSS 26 dan Aktivasi di Windows 10,8,7

  • Nah Setelah klik Next lagi untuk melanjutkan, maka proses setup berikutnya akan berjalan. Disini wajib anda perhatikan dimana tempat folder install IBM SPSS Statistcs 26 berada, sebab nantinya akan mempermudah anda dalam aktivasi, Setelah itu klik “Next“.

Cara Install SPSS 26 dan Aktivasi di Windows 10,8,7

  • Pada jendela setup berikutnya, setelah anda klik “Install” maka akan memperlihatkan proses installisasi software IBM SPSS Statistics 26 berjalan. Tunggu beberapa saat sampai proses install selesai.

  • Setelah proses install selesai, maka akan muncul jendela setup yang terakhir yakni finishing, hilangkan tanda centang pada tulisan “Start SPSS Statistics 26 License Authorization Wizard now” selanjutnya klik “Finish“.

Setelah anda klik tombol finish, maka porses install IBM SPSS Statistics 26 telah selesai. Namun jangan anda jalankan dahulu aplikasi tersebut, sebab program belum teraktivasi. Sekarang yang harus anda lakukan adalah meng-aktivasi software SPSS Statistics 26, agar nantinya bisa anda gunakan untuk selamanya.

 Cara Aktivasi IBM SPSS Statistics 26

1. Buka Folder hasil exstrak IBM SPSS Statistics 26, kemudian anda cari folder Aktivasi, setelah anda ektrak dalam folder aktivasi terdapat file “lservrc“. Copy file tersebut.

2. Setelah anda copy lalu anda paste kedalam folder install IBM SPSS Statistics 26 yang tadi sudah anda tandai pada saat installasi, tepatnya berada di “C:\Program File (x86)\IBM\SPSS\Statistics\26“. Jika muncul jendela pesan “Replace or Skip Files“, silahkan klik saja “Replace the file in the destination” kemudian klik “Continue” untuk mengizinkan proses copy paste ke dalam folder tersebut.

3. Selanjutnya selesai proses copy berakhir, maka selesai pula proses aktivasi aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Sekarang anda bisa menggunakan sepenuhnya aplikasi tersebut untuk membantu dalam pengolahan data statistik dan managemen.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara install SPSS 26 dan cara aktivasi di windows 7, 8.1, 10 dengan sistem windows x86 ataupun sistem windows x64. Nah bagi anda yang sudah memiliki software IBM SPSS Statistics 26, bingung untuk menginstallnya silahkan ikuti cara diatas. Selamat mencoba.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *