Cara Membuat Bootable di Flashdisk dengan BalenaEtcher

45 views

Kangbedol.com – Selain praktis, cara membuat bootable windows di flashdisk pun sangat mudah dilakukan. Banyak sekali software yang bisa anda gunakan seperti Rufus, yumi, WinsetupfromUSB, Xboot, Ventoy dll. Saat ini instalasi windows dengan menggunakan USB flashdisk sedang marak digunakan sebagai pengganti CD/DVD. Banyak pengguna Notebook dan perangkat komputer lainnya yang tidak memiliki CD/DVD-ROM sangat terbantu sekali.

Kali ini kangbedol akan coba mengulas tentang bagaimana cara membuat bootable windows di flashdisk dengan menggunakan software BalenaEtcher. Selain tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan, Etcher juga sudah mendukung banyak jenis platform seperti Windows, Linux dan MacOS, Sedangkan untuk format file sudah mendukung ISO, DMG, IMG, dll.

Cara Membuat Bootable di Flashdisk dengan BalenaEtcher

 

Bagi anda yang ingin mencoba membuat bootable windows 10 dengan menggunakan Etcher, langsung saja kita praktekkan dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Multi Bootable Windows dengan Ventoy

1. Silahkan anda Download Software BalenaEtcher, lalu install dan jalankan aplikasi tersebut.

2. Setelah itu klik opsi “Flash from file” kemudian pilih file ISO Windows 10 yang anda inginkan. Jika muncul pesan “Possible Windows image detected” klik saja “continue“.

Cara Membuat Bootable di Flashdisk dengan BalenaEtcher

3. Selanjutnya silahkan klik opsi “Select target” lalu beri tanda centang pada flashdisk yang ingin anda buat bootable windows. Pastikan anda memilih drive yang sesuai lalu klik “Select(1)“.

Cara Membuat Bootable di Flashdisk dengan BalenaEtcher

4. Kemudian silahkan anda klik opsi “Flash!” jika muncul pesan “Attention” klik saja “continue” untuk mulai membuat bootable windows 10.

Cara Membuat Bootable di Flashdisk dengan BalenaEtcher

5. Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan bootable selesai. lama proses pembuatan bootable tergantung pada kecepatan read/write dari flashdisk dan besarnya ukuran file ISO windows itu sendiri.

Cara Membuat Bootable di Flashdisk dengan BalenaEtcher

Setelah proses pembuatan bootable selesai, selanjutnya silahkan anda melakukan instalasi windows 10 dengan menggunakan flashdisk, dan pastikan booting komputer anda sudah dalam pengaturan usb flashdisk.

Terkait : Cara Membuat Bootable Windows USB Tanpa Software

Jika Rufus hanya mendukung sistem operasi windows saja, namun tidak demikian dengan Etcher aplikasi ini sudah mendukung Linux dan MacOS. Selain itu BalenaEtcher memiliki fitur Image Validation yang dapat melakukan verifikasi terhadap file ISO dan media bootable sebelum melakukan flashing. Sehingga proses installasi yang gagal dikarenakan file rusak akan dapat dihindari.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *