Cara Membuat Bootable Windows dalam Satu Flashdisk dengan Ventoy

82 views

Kangbedol.com – Sebenarnya cara membuat multi bootable windows dengan menggunakan usb flashdisk ini sudah banyak yang membahasnya. Namun kali ini kangbedol akan membahasnya sedikit berbeda tentang cara mudah membuat booting untuk semua jenis instalasi windows 10, 8, 7 dan xp dalam satu flashdisk dengan menggunakan aplikasi Ventoy.

Berbeda cara jika anda menggunakan Rufus, yumi, dlc boot ataupun software WinSetupFromUSB, menggunakan software Ventoy anda cukup klik install lalu software ventoy akan memformat flashdisk dan selanjutnya anda cukup meng-copy paste file ISO windows 10, 8, 7 ataupun xp tanpa harus meng-extraknya terlebih dahulu kedalam flashdisk tesebut.

Cara ini saya kira cukup mudah dan gampang, sebab selain menggunakan Usb Flashdisk, bila diperlukan anda juga bisa menggunakan hardisk eksternal untuk meng-install windows Usb.

Cara Membuat Multi Bootable Windows dengan Ventoy

Baca juga : Cara Membuat Bootable Windows dengan Rufus

1. Silahkan anda Download Aplikasi Ventoy

2. Sebelum menjalankan ventoy pastikan Flashdisk sudah terpasang ke USB Komputer anda, dan pastikan untuk memilih drive yang sesuai.

Cara Membuat Multi Bootable Windows dengan Ventoy

3. Silahkan anda klik opsi “Install” lalu akan ada pesan konfirmasi klik saja”Yes“. Selanjutnya aplikasi Ventoy akan memformat/menghapus semua data yang ada pada flashdisk tersebut, jadi pastikan flashdisk anda sudah tidak memiliki data yang penting.

Cara Membuat Multi Bootable Windows dengan Ventoy

4. Setelah proses format selesai, maka tahap selanjutnya anda tinggal copy paste file ISO windows yang akan digunakan kedalam flashdisk tersebut. Anda bisa memasukan berbagai jenis windows mulai dari windows xp, 7, 8, dan windows 10.

5. Jika sudah selesai semua tahapan copy, saatnya untuk menggunakannya. Maka akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Silahkan pilih jenis windows yang akan anda install.

Cara Membuat Multi Bootable Windows dengan Ventoy
Image : ventoy.net

Penting : Untuk anda ketahui ketika mengcopy file ISO windows ke flashdisk, nama file ISO jangan menggunakan “spasi” contoh “Win8.1_EnglishInternational_x64.iso” jangan anda rubah/rename menjadi “Win8.1 EnglishInternational x64.iso” sebab nantinya file ISO tidak akan terbaca ketika digunakan.

Terkait : Cara Membuat Bootable Windows dengan WinSetupfromUSB

Software Ventoy ini sudah mendukung berbagi file ISO windows, linux dan juga boot PE.

  • Windows 10 x86/x64.iso (Legacy + UEFI)
  • WinPE10 8 Sergei Strelec x86/x64 2019.12.28 English.iso (Legacy + UEFI)
    Porteus Kiosk 5.0.0 x86/64.iso (Legacy + UEFI)
  • clear 33300 live desktop.iso (Legacy + UEFI)
  • Calculate Linux cldx 20 x86/x64.iso (Legacy + UEFI)
  • Mageia 7.1 Live Xfce x86/x64.iso (Legacy + UEFI)
  • linuxmint 20 cinnamon 64bit beta.iso (Legacy + UEFI)
  • foxclone 40 02.iso (Legacy + UEFI)
  • Fedora Workstation Live x86/x64 32 1.6.iso (Legacy + UEFI)

Demikianlah tutorial singkat tentang cara membuat multi bootable windows dalam satu flashdisk. Cara ini sangat rekomended buat kalian yang tidak mau ribet dalam membuat booting Usb flashdisk atau harddisk external.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *