Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

433 View

Kangbedol.com – Mungkin sebagian dari kalian banyak yang belum mengetahui cara membuat OS portable dengan menggunakan USB flashdisk. Badahal jika dipikir-pikir OS portable seperti windows 7, windows 8, windows 10 serta OS lainnya sangat banyak sekali manfaatnya. Sebagai contoh kalian bisa memanfaatkan OS portable tersebut untuk melakukan berbagai langkah-langkah perbaikan pada saat komputer kamu dalam masalah seperti gagal booting atau kerusakan perangkat lunak lainnya.

Dengan OS portable kalian bisa menggunakannya sebagai perantara backup data-data penting di komputer yang mengalami error pada sistem windows-nya. Untuk membuat OS portable sangatlah mudah kamu hanya membutuhkan software tambahan yang nantinya bisa kalian manfaatkan untuk membuat Operating sistem portable di flashdisk atau tempat media penyimpanan lainnya.

2 Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

 

Selain bisa membuat OS windows 7, 8.1 dan windows 10, kalian juga bisa membuat OS Linux. Untuk cara pembuatan OS portable ini juga sangat mudah, Ada dua cara yang akan kangbedol bagikan, berikut langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Universal USB Installer

Persyaratan yang dibutuhkan:

  • Software Universal USB Installe
  • Sistem Operasi file ISO (Windows/Linux)
  • Media penyimpanan Flashdisk (minimal 4 GB)

Tutorial : Cara membuat OS portable menggunakan Universal USB Installer.

  • Kemudian jalankan software Universal USB Installer, setelah terbuka silahkan klik “I Aggree” untuk melanjutkan proses.

Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

  • Tahap selanjutnya pada tulisan Step 1, silahkan kalian pilih OS windows/linux yang akan dibuat, lanjut ke Step 2 klik “Browse” untuk mencari tempat file ISO OS windows/linux yang tersimpan di komputer.
  • kemudian pada Step 3 silahkan pilih lokasi drive flashdisk kamu. Centang pada tulisan “NTFS Format Drive” atau “Fat32 Format Drive” pilih salah satu saja sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. lalu klik “Create“.

Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

  • Jika muncul pesan notifikasi peringatan, silahkan klik Yes atau Ok. Selanjutnya proses pembuatan OS portable segera berjalan, silahkan kamu tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

2. Menggunakan Software WinToUSB

Persyaratan yang dibutuhkan:

  • Software WinToUSB
  • Sistem Operasi file ISO Windows 7, 8.1, 10
  • Media penyimpanan Flashdisk minimal 4 GB

Tutorial : Cara membuat OS portable menggunakan WinToUSB.

  • Setelah kamu download silahkan install seperti biasa software “WinToUSB_free.exe” dengan cara klik 2x, jika muncul pesan peringatan klik “Yes” setelah terbuka silahkan kamu pilih bahasa atau biarkan saja secara default bahasa inggris, lalu klik “Ok“.

WinToUSB install

  • Tahap selanjutnya pilih “I accept the agreement” setelah itu silahkan klik “Next” untuk melanjutkan instalisasi.
  • Kemudian pada tahap Select Detination Location, silahkan kalian klik saja “Next“. lalu pada tahap select Start menu Forder klik “Next“.

Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

  • terakhir pada tahap Ready to Install silahkan klik “Install” tunggu beberapa saat proses instalasi segera berjalan, jika sudah selesai klik “Finish“.

Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

  • Setelah instalasi selesai buka software WinToUSB, kemudian cari Image File windows yang akan kalian buat dengan cara klik tombol cari yang ada di sebelah kanan atas. Silahkan pilih jenis windows yang akan kalian buat lalu klik “Next“.

  • Tahap selanjutnya perhatikan pada tulisan “Please select the destination disk” silahkan kamu pilih drive Flashdisk berada, setelah itu akan muncul pesan format flashdisk, pilih salah satu apakah kamu akan menggunakan sistem MBR, GPT atau keduanya. Lalu klik “Yes“.

Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

  • Proses format Flashdisk akan berjalan tunggu beberapa saat setelah selesai klik “Next” untuk memulai proses instalisasi pembuatan windows portable segera dimuali.

Cara Membuat OS Portable Menggunakan Flashdisk

  • Kalian hanya perlu menunggu hingga proses instalisasi selesai. Jika sudah selesai, kamu bisa coba tes dengan boot ke USB komputer. Dan jangan lupa untuk mengatur bootable device terlebih dahulu melalui pengaturan BIOS.

Itulah tutorial singkat tentang cara membuat OS windows dan Linux portable. Mudah bukan, silahkan kalian coba dari 2 cara diatas mana yang menurut kalian mudah dan tentunya bisa berhasil membuat windows portable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *