6 Cara Mudah Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

131 views

Kangbedol.com – Berikut ini adalah beberapa tips cara mudah mengatasi hasil cetak Printer bergaris yang sering terjadi pada printer jenis Inkjet, baik itu merk Canon maupun Epson. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kebutuhan printer saat ini sebagai alat cetak dokumen sangatlah dibutuhkan bagi setiap orang yang berkerja dengan menggunakan komputer baik pribadi ataupun perusahaan.

Namun terkadang mencetak file dokumen dengan menggunakan printer jenis Inkjet seperti merk canon ip 2770, canon mp287, canon mp237, epson l360, epson l120, epson l220 dan lain sebagainya, sering kali terjadi masalah dengan hasil cetakan yang tidak sempurna, seperti hasil cetakan yang bergaris atau putus-putus. Nah tentu saja bagi setiap orang yang mengalami hal ini akan merasa panik dan bingung.

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab printer mengalami masalah dalam mencetak, namun yang terpenting bagaimana caranya agar pengguna bisa mendekteksi dengan benar faktor-faktor yang meyebabkan printer mengalami kegagalan mencetak. Sehingga nantinya pengguna dapat mengatasi setiap masalah yang timbul yang disebabkan oleh printer tersebut. Seperti pada artikel kali ini yang akan mengulas tentang cara mengatasi hasil cetak printer bergaris atau putus-putus. Ikuti caranya berikut ini.

6 Cara Mudah Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Ada beberapa cara yang harus anda lakukan untuk mengatasi hasil cetak printer yang tidak sempurna terutama hasil cetakan yang bergaris atau putus-putus.

Baca Juga : Sekarang Printer HP Harus Menggunakan Cartridge Original

1. Periksa dan Bersihkan Encouder Printer

Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Tahukah anda apa itu encouder, ya encouder adalah salah satu bagian terpenting dalam menentukan hasil cetakan pada printer, alat ini berfungsi sebagai sensor yang letaknya tepat dibelakang catridge berbahan plastik mika yang membentang dari ujung kanan  ke ujung sebelah kiri printer. Jika encouder kotor terkena tinta atau bermasalah maka hasil cetakan printer pun akan terganggu, biasanya hasil cetakan akan bergaris atau putus-putus. Maka dari itu periksalah dan bersihkan encouder dari kotoran yang menempel secara berlahan. Anda bisa membersihkan dengan menggunakan tisu atau kain basah, pastikan encouder kering pada saat anda menghidupkan printer.

2. Merendam Cartridge Dengan Air Hangat Atau Air Alkohol

Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Jika menggunakan cara pertama diatas tidak juga berhasil, anda bisa melakukan cara yang kedua berikut ini. Rendam catridge dengan menggunakan air hangat atau bisa juga menggunakan air alkohol. Hati-hati dalam melakukannya jangan merendam catridge secara keseluruhan, cukup merendam pada bagian headnya saja. Cara ini kita lakukan untuk mencairkan tinta yang mengering dan menggumpal sehingga mengakibatkan penyumbatan, biasanya hal ini terjadi akibat printer yang jarang digunakan. Tersumbatnya catridge akibat penggumpalan tinta dapat mengakibatkan hasil cetakan printer menjadi bergaris atau putus-putus, bahkan bisa jadi hasil cetakan tidak muncul sama sekali meskipun tinta yang terdapat dalam catridge terisi penuh.

3. Menyedot Tinta yang ada di Catridge

Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Setelah melakukan perendaman catridge dengan air hangat atau air alkohol namun belum juga berhasil lakukanlan cara ketiga yaitu menyedot tinta pada catridge, hal ini akan membantu mengoptimalkan kondisi tinta didalam catridge yang bermasalah akibat terjadinya penggumpalan atau tinta kering. Untuk melakukan penyedotan tinta pada catridge anda bisa menggunakan suntikan yang biasa digunakan untuk mengisi tinta atau suntikan khusus. Lakukanlah penyedotan pada bagian head agar tinta yang menggumpal atau mengering dapat dikeluarkan dengan mudah.

Terkait : 5 Printer Merk Epson Untuk Mencetak Foto

4. Melakukan Pembersihan Head (Head Cleaning)

Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Yang dimaksud dengan membersihkan head disini adalah anda harus melakukan head cleaning, sebuah fitur yang terdapat pada perangkat lunak management printer, fitur ini bisa anda manfaatkan untuk membantu membersihkan head printer. Untuk melakakukan Head Cleaning anda bisa mengakses program management yang ada pada Control Panel => Hardware and Sound => Devices and Printers , kemudian cari merk printer yang akan anda gunakan lalu klik kanan, selanjutnya pilih Printing Preference, kemudian buka tab Maintenance, lalu klik saja Head Ceaning. Bagi printer yang menggunakan botol infus pastikan tinta dalam selang mengalir dengan lancar menuju catridge printer (tidak putus-putus).

5. Meningkatkan Kualitas Cetakan

Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Setelah melakukan Head Cleaning ternyata hasil cetakan masih belum optimal, selanjutnya anda bisa mencoba dengan cara meningkatkan kualitas cetakan. Cara ini bisa anda lakukan dengan memanfatkan fitur yang sudah tersedia pada perangkat lunak printer, sebab hampir semua printer sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat mengatur kualitas cetakan, dari mulai kualitas rendah, normal, hingga kualitas tinggi (high). Anda dapat mengatur cetakan menjadi kualitas terbaik, namun resikonya printer akan berkerja lebih lambat, sehingga anda akan lama menunggu hasil cetakannya.

6. Mengganti Catridge dengan yang Baru

Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Jika semua cara diatas sudah anda coba, namun tidak juga membuahkan hasil dalam mengatasi printer cetak putus-putus. Sebaiknya gunakan cara yang terakhir yaitu mengganti catridge printer dengan yang baru, anda bisa mengganti salah satu catridge saja yang menurut anda bermasalah. Sebenarnya mengganti catridge adalah sebuah tindakan yang wajar, sebab adakalanya catridge printer mengalami kerusakan sehingga menimbulkan masalah pada kinerja printer yang anda gunakan tersebut.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi hasil cetak printer bergaris, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah yang timbul pada printer yang anda gunakan, dan salah satunya adalah masalah printer cetak putus-putus.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *