Cara Mengatasi Windows Scripts Host Di Komputer PC/Laptop

19 views

Kangbedol.com – Pernahkah anda mengalami pesan error “Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details” yang terjadi pada windows saat anda menjalankan sebuah aplikasi. Jika sudah terjadi demikian maka pesan tersebut akan selalu muncul di windows, meski pun anda sudah mencoba untuk meng-close. Tentu hal ini akan sangat mengganggu sekali, sebenarnya untuk cara mengatasi windows scripts host yang tiba-tiba muncul ini sangatlah mudah, anda mau tahu caranya simak terus artikel kali ini.

Salah satu fitur yang paling berperan dalam menjalankan script seperti java atau VB adalah Windows Script Host (WHS), namun terkadang fitur bawaan dari microsoft ini sering mengalami masalah. Biasanya Windows Script Host ini dioperasikan langsung dari dasktop dengan menggunakan fitur dari command prompt, sehingga ketika Windows Script host dalam keadaan mati/disable maka akan muncul pesan “error script host access is disabled on this machine”.

Cara Mengatasi Windows Scripts Host di Komputer

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi Windows Scripts Host di komputer PC/Laptop yang sering muncul di windows yang anda gunakan. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba.

1. Menggunakan Registry Editor

  • Untuk melakukannya, anda bisa membuka menu RUN dengan cara tekan tombol Win + R secara bersamaan dikeyboard, kemudian ketik Regedit lalu tekan Enter. Jika nanti muncul pesan peringatan, kalian pilih OK saja.

Cara Mengatasi Windows Scripts Host

  • Selanjutnya akan muncul jendela Registry Editor, lalu pilih HKEY_LOCAL_MACHINE => software =>Microsoft => windows script host => settings. Pada menu setting, silahkan anda klik kanan lalu pilih new dan klik DWORD (32) bit value, kemudian berikan nama enabled. Jika sudah, klik kanan pada enabled dan lalu pilih modify. Selanjutnya anda ganti value data menjadi 1.
  • Selesai, jangan lupa restart komputer anda.

2. Menggunakan System Configuration

  • Buka menu RUN, anda bisa menekan tombol kombinasi Win+R secara bersamaan pada keyboard. Selanjutnya ketik msconfig, lalu tekan Enter.
  • Kemudian akan terbuka jendela System Configuration, pilih Selective startup, setelah itu hilangkan centang pada bagian Load startup items kemudian klik tombol Apply.

Cara Mengatasi Windows Scripts Host

  • Untuk tahap berikutnya, pada bagian atas pilih tab Services, lalu centang pada bagian Hide all Microsoft services, setelah itu pilih tombol Disabled all, lalu klik tombol OK.

cara mengatasi windows scripts host

  • Selesai, jangan lupa restart komputer anda.

3. Menggunakan Antivirus Smadav

Bagi anda pengguna setia Antivirus Smadav, anda bisa menggunakan fitur yang terdapat didalamnya. Cari icon Smadav yang berada dipojok bawah sebelah kanan, klik kanan pada icon Smadav tersebut, lalu pilih Allow Windows Script & Macro (Forever). Setelah itu akan muncul pesan notifikasi pada layar komputer Anda, klik saja OK. Sekarang coba anda jalankan kembali script yang akan Anda buka tadi.

Baca Juga : Cara Aktivasi Smadav Menjadi pro Selamanya

Demikianlah tutorial singkat tentang Cara Mengatasi Windows Scripts Host Di Komputer PC/Laptop. Semoga artikel kali ini bisa bermamfaat bagi Anda yang mengalami masalah windows script host disable. Selamat mencoba.


Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *