Cara Menonaktifkan Fitur QUICK ACCESS Windows 10

75 views

Kangbedol.com – Untuk menghapus dan cara menonaktifkan fitur quick access windows 10 tidaklah susah, anda hanya butuh beberapa cara untuk melakukannya. Namun sebelumnya tahukah anda apa itu file quick access. Mungkin bagi anda pengguna windows 10 pasti sudah paham apa itu quick access. Ya Quick Access adalah sebuah fitur yang terdapat pada windows explorer. Sebagai contoh, ketika anda mengakses windows explorer di windows 10, maka pertama kali yang akan anda jumpai adalah halaman quick access. Dimana fitur ini akan menampilkan file atau folder yang sebelumnya pernah anda buka atau baru anda akses seperti file dokumen, gambar, foto, video atau folder yang lainnya.

Sebenarnya fungsi fitur Quick Access ini sangat membantu bagi pengguna windows 10, sebab jika anda baru saja membuka aplikasi foto, video, file atau folder apa pun, maka anda dapat membukanya kembali tanpa harus repot repot mencari keberadaan file atau folder tersebut. Anda cukup mengaksesnya dari fitur Quick Access. Namun bagi sebagian pengguna windows 10, ada yang tidak menyukainya fitur ini dengan alasan menggangu hak privasi, sebab bisa saja teman atau rekan anda membuka file atau folder yang bersipat pribadi ketika meminjam laptop atau komputer anda.

Nah untuk itu, bagi anda yang termasuk pengguna windows 10 yang tidak menyukai fitur dari Quick Access ini jangan kuatir anda bisa menonaktifkan dan menghapus semua file atau forder yang tersimpan di quick access dengan mudah. Anda tinggal mengikuti langkah demi langkah di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Fitur QUICK ACCESS

Untuk menonaktifkan Quik Access di windows 10 anda bisa melakukannya dengan cara.

  • Buka windows explorer, setelah itu klik kanan pada “Qiuck Access“, lalu pilih “Options“, ketika jendela folder options terbuka, anda bisa pilih kolom “Privacy“.
  • Hilangkan semua “Centang” pada “Show Frequently used folder in quick access”  dan “Show Recently used Files in quick access“. Lalu klik “OK“, maka selanjutnya semua file dan folder yang ada di Quick Access tidak akan tampil atau terlihat.

Cara Menonaktifkan fitur QUICK ACCESS

Selain cara di atas, anda juga bisa merubah fitur Quick Access menjadi fitur This PC dengan cara. Perhatikan gambar diatas, pada kolom “Open File Explorer to“, anda bisa menggantinya fitur Quick Access dengan This PC untuk merubah atau menonaktikan fitur Quick Access. Lalu klik “OK“. Dengan demikian maka ketika anda mengakses windows explorer pertama kali yang muncul adalah fitur This PC.

Cara Menghapus File dan Folder di Quick Access

Untuk menghapus file dan folder atau aplikasi lainnya yang tersimpan di fitur Quick Access, anda bisa melakukannya dengan cara mengakses windows explorer.

  • Ketika windows explorer terbuka maka secara otomatis anda akan diarahkan ke folder Quick Access.
  • Selanjutnya klik kanan pada folder “Quick Access“, lalu pilih “Options“.
  • Maka akan terbuka Folder Options, pastikan pada tab “Open File Explorer to” pilih yang Quick Access.
  • Kemudian pada bagian “Privacy“, klik “Clear” untuk membersihkan history dari File dan folder yang tersimpan pada fitur Quick Access.

Cara Menonaktifkan fitur QUICK ACCESS

 

Dengan melakukan langkah langkah diatas, maka secara tidak langsung anda telah berhasil melakukan penghapusan file, folder, atau aplikasi lainya yang tersimpan di fitur Quick Access.

Itulah tutorial singkat tentang cara menonaktifkan dan menghapus file serta folder di Quick Access windows 10, semoga artikel kali ini bisa bermamfaat dan bisa menjadikan wawasan bagi anda yang lagi membutuhkannya.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *