Cara Reset Printer Canon G Series Error 5B00

1 View

Kangbedol.com – Cara Reset Printer Canon G1010, G2010, G3000, G3010 dan G4010 bisa kita lakukan dengan cara manual tanpa software atau menggunakan bantuan software seperti canon service tools dan dengan cara mengganti IC Eprom printer. Ketika Printer canon yang biasa kamu gunakan tiba-tiba mengalami error b500 yang menyebabkan printer menjadi blinking itu tandanya printer canon tersebut harus segera di reset.

Untuk mereset printer canon dengan tipe G series seperti Canon G1010, G2010, G3000, G3010, G4010 dan yang lainnya, ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan dari mulai cara manual, menggunakan software canon service tools, dan juga dengan cara mengganti IC eprom pada mainboard printer tersebut.

Cara Reset Printer Canon G Series Error 5B00

 

Seperti yang sudah kangbedol jelaskan diatas ada tiga cara untuk mereset printer canon, sekarang mari kita bahas bersama sama satu persatu.

1. Reset Printer Canon G Series Manual :

  • Colok kabel power printer ke listrik, siapkan beberapa kertas diprinter, setelah itu tekan tombol Power printer tahan jangan dilepas, lalu tekan tombol Resume/Stop sebanyak 5 kali, Setelah itu lepaskan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses service mode selesai maka lampu power printer akan berhenti berkedip.
  • Selanjutnya tekan lagi tombol Resume/Stop sebanyak 5 kali, lalu tekan tombol Power printer sebanyak 1 kali.
  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai lampu power berhenti berkedip lalu akan dibarengi printer mencetak secara otomatis berupa dokumen dengan kode D=000.0.
  • Setelah itu matikan printer dan silahkan hidupkan kembali, lihat hasilnya printer canon yang tadinya mengalami error 5b00 telah berhasil di reset secara manual.

2. Reset Printer Canon G Series Menggunakan Software :

  • Tekan tombol Resume/stop dan tahan. Kemudian tekan tombol power dan tahan jangan dilepas, setelah itu lepaskan tombol resume/stop. Tombol power masih ditekan, tekan tombol resume/stop 5 kali. Lalu lepaskan semua tombol dan Lampu printer warna hijau.
  • Masukan beberapa kertas kedalam printer, silahkan jalankan software canon service tool yang sudah kalian download tadi.
  • Setelah terbuka, perhatikan pada Menu Clean Ink Counter silahkan klik tombol SET, maka lampu printer akan berkedip, tunggu printer selesai mencetak D = 000.0, lalu klik Ok.

Cara Reset Printer Canon G Series Error 5B00

  • Silahkan matikan printer tunggu beberapa saat setelah itu hidupkan kembali, lihat hasilnya printer canon series G telah berhasil direset.

Reset Printer Canon G Series Ganti IC Eprom :

Untuk mereset printer canon series G dengan cara mengganti IC Epromnya, kalian harus membongkar printer terlebih dahulu. Lalu cari IC eprom yang ada di mainbord printer biasanya IC tersebut berlabelkan T16 6501 atau 4G16 dengan jumlah kaki 4. Setelah jumpa silahkan kalian ganti IC tersebut dengan yang baru, kalian bisa memesannya di toko-toko online. Sebenarnya cara mengganti IC Eprom printer Canon G series sudah pernah saya bahas sebelumnya di artikel cara reset printer canon G2000 error 5b00.

Kesimpulan.

Untuk mereret printer canon kalian harus benar-benar bisa membedakan mana printer yang harus direset secara manual/tanpa software dan menggunakan software. Jadi jika printer sudah tidak bisa lagi masuk ke service mode maka jalan satu-satunnya adalah harus ganti IC Eprom dengan yang baru/berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *