Cara Setting Domain Namecheap ke Web Hosting Hostinger

27 views

Kangbedol.com РSebagian dari anda mungkin sudah pernah mendengar, atau menjumpai dan membaca sebuah artikel yang mengulas tentang cara membuat Website sendiri secara gratis, Custom Domain,  Migrasi Blog, Memindahkan blog ke SelfHosting atau Cara Setting Domain Namecheap ke Web Hosting dan lain sebagainya. Inti dari itu semua adalah menjelaskan secara detail tentang panduan dan cara serta langkah-langkah membuat blog/website sendiri. Artinya blog yang kita kelola nantinya sudah menggunakan Hosting dan Domain pribadi (Domain TLD), jadi tidak lagi menggunakan .blogspot.com atau .wordpress.com.

Berdasarkan pengalaman pribadi, tak sengaja waktu itu ada teman yang kasih info kepada saya, bahwa dia (teman saya) itu sudah berhasil membuat sebuah website pribadi (Domain TLD) dengan menggunakan sebuah Web Hosting dan Domain yang dia dapat secara gratis. Tak perlu waktu lama saya langsung saja menanyakan web hosting dan domain gratis tersebut, setelah mendapat penjelasan dari teman saya, saya langsung saja menuju ke TKP.

Dari hasil penelusuran saya di internet, ternyata benar apa yang dikatakan teman saya itu, bahwa web hosting dan domain TLD ternyata ada yang gratis. Nah untuk anda yang belum tahu web hosting dan domain TLD gratis saya akan memberi informasi penting ini kepada anda semua, cara daftar dan instal domain ke web hosting secara gratis.

Cara Daftar Hosting dan Setting Domain di Hostinger

Perlu saya jelaskan disini, bahwa jauh sebelumnya saya sudah mempunyai Domain TLD yang saya beli di Namecheap, jadi saya tinggal memerlukan hosting untuk menjalankan domain saya tersebut menjadi website sendiri.

Berhubung semua hosting berbayar, maka saya putuskan untuk mendaftar di Hostinger  dengan alasan agar mendapatkan hosting secara gratis, sedikit info dari saya kususnya bagi anda yang belum mempunyai Domain TLD, anda bisa mendaftar di Freenom secara gratis, dan untuk informasinya anda bisa langsung mengunjungi websitenya (untuk hosting di Hostinger dan untuk domain di Freenom) buruan mumpung masih gratis.

Berikut ini adalah panduan cara daftar Hosting dan Setting Domain di hostinger

1. Siapkan Domain TLD milik anda yang sudah ada sebelumnya (.com, .net, .org, .id, .ml, .tk, dll)

2. Langsung saja anda kunjungi Hosting Hostinger, dan klik daftar

3. Untuk lebih mudahnya saya sarankan untuk masuk dengan menggunakan 2 opsi pilihan yang sudah tersedia, yaitu mengunakan akun Facebook atau akun Email dari Gmail milik anda yang sudah ada.

4. Selanjutnya hostinger akan mengkonfirmasi akun anda untuk dapat mengakses hostinger, sentuh atau klik Izinkan.

5. Setelah itu anda tinggal klik Order, pilih yang gratis alias tidak bayar.

6. Lalu anda akan masuk ke sub menu selanjutnya, dimana anda harus memilih dan menentukan berapa lama anda akan menggunakan hosting tersebut, pilih sesuai kebutuhan anda, kemudian klik Lanjut ke Checkout. untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar yang sudah saya urutkan dengan angka dibawah ini.

Cara Setting Domain Namecheap ke Web Hosting Hostinger

7. Masuk ke menu seterusnya, ceklist pada tulisan Saya Setuju, lalu klik Submit Order.

8. Pada tahap selanjutnya anda diharuskan untuk memasang hosting yang sudah anda buat, klik Setup.

9. Sampai pada tahap akhir, anda harus mengisi form yang sudah disediakan seperti Jenis domain, Nama domain (masukan domain milik anda, yang saya sebutkan pada nomor 1), Pilih lokasi Server dan Password, kemudian klik Setup.

10. Sampai disini anda sudah berhasil menghubungkan Domain TLD anda ke hosting secara gratis di hostinger. selanjutnya klik Kelola Hosting, untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara Setting Domain Namecheap ke Web Hosting Hostinger

11. Anda akan diarahkan kehalaman beranda hosting milik anda, klik menu Detail, lalu akan terbuka menu Nameserver, nameserver inilah yang nantinya anda masukan ke nameserver domain milik anda.

12. Masuk ke domain dimana anda mendaftar (kalau saya di namecheap) dengan menggunakan user dan password anda. Berhubung saya mendaftar di namecheap, maka login ke nameserver namecheap.

13. Setelah masuk ke Dashboard klik Manage => Domain pada Nameserver pilih Custom DNS, lalu masukan nameserver yang ada di hosting tadi ke Custom DNS domain, dengan cara copy paste, lalu klik Save

Cara Setting Domain Namecheap ke Web Hosting Hostinger

14. Dengan demikian selesai sudah cara seting domain namecheap ke hosting hostinger.

Jika tidak ada masalah yang berarti maka anda sudah langsung bisa membuka website yang anda buat tadi, namun jika tidak bisa terbuka juga coba anda tunggu dalam jangka waktu 24 jam, karena server butuh waktu untuk memprosesnya.

Cara Install Aplikasi WordPress

Setelah anda berhasil menyatukan hosting dan domain, tugas berikut anda adalah membuat aplikasi WordPress yang nantinya berguna untuk membuat postingan artikel anda. Mengapa saya memilih wordpress, karena wordpress sudah sangat familiar, mudah untuk dipahami dan digunakan, selain itu para blogger sekarang banyak yang menggunakan aplikasi WordPress ini.

Namun bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi selain wordpress, anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

Berikut ini Langkah-langkah Meng-install Aplikasi WordPress

1. Masuk Cpanel hostinger ke Baranda => Kelola => cari menu Website pilih Auto Installer => setelah masuk ke menu Auto Installer cari menu Content Management pilih WordPress 4.7.3

Cara Setting Domain Namecheap ke Web Hosting Hostinger

2. Setelah masuk ke menu WordPress, anda akan melihat form installisasi, isi semua data-data yang diperlukan, lalu klik Install.

3. Setelah selesai install wordpress, klik Detail, disitu anda akan memdapatkan informasi tentang Website anda, serta URL ADMIN WP dimana nanti anda akan membuat postingan

Cara Setting Domain Namecheap ke Web Hosting Hostinger

Dengan selesainya install aplikasi wordprees ini, maka selesai sudah tugas saya menjelaskan kepada anda semua tentang panduan secara lengkap setting domain namecheap di hosting hostinger gratis.

Saya mohon maaf, jika langkah demi langkah dalam menjelaskan artikel ini masih kurang lengkap, serta banyak kata-kata yang salah dan kalimat yang susah untuk dimengerti, maklum artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *