Cara Uninstall Update Windows 10 yang Otomatis Terinstall

144 views

Kang Bedol – Windows 10 memiliki fitur update otomatis secara berkala, hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan serta stabilitas pada sitem windows itu sendiri. Namun terkadang update windows 10 tidak berjalan dengan sempurna, alih-alih membuat windows menjadi stabil dan keamanannya terjamin, namun yang terjadi malah membuat sistem windows menjadi rusak/error, seperti munculnya bug, driver menjadi bermasalah, software yang tidak bisa dijalankan dll.

Cara Uninstall Update Windows 10 yang Otomatis Terinstall
Windows 10

Meski pihak microsoft tidak merekomendasikan dalam hal menguninstall update windows, namu cara ini bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah yang timbul pada saat update otomatis windows 10 yang bermasalah. Nah berikut ini saya akan memberikan cara untuk menguninstall update windows 10 yang sudah terinstall, yang dapat anda lakukan dengan dua cara yang berbeda.

Cara Uninstall Update Windows 10

Untuk melakukan uninstall update windows 10 yang sudah terinstall, bisa anda lakukan dengan beberapa cara, termasuk 2 cara berikut ini.

1. Uninstall Update Windows 10 Melalui Menu Control Panel

  • Buka Menu Control Panel. Lalu klik “Control Panel” klik “Programs” kemudian klik “Programs and Features“. Selanjutnya pilih “View installed updates” yang terletak pada sisi kiri jendela control panel.

 

 

  • Setelah itu akan muncul daftar update yang telah terinstal. Untuk menguninstal update windows tersebut. Anda bisa pilih salah satu update kemudian klik “Uninstall“.
  • Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi. Klik saja “OK” untuk melanjutkan proses uninstal.
  • Tunggu beberapa saat, sampai proses uninstal selesai. Lama dari proses waktu uninstall tergantung dari seberapa besar ukuran update yang sudah terinstall. Setelah selesai, restart komputer anda.

2. Uninstall Update Windows 10 Melalui Menu Settings

  • Buka Menu Settings, bisa anda lakukan dengan menekan tombol “WinKey + I  pada keyboard.
  • Lalu masuk ke navigasi “Update & security” setelah itu klik “Windows Update“. Kemudian klik “Advanced options“.
  • Setelah itu klik “View update history“. Kemudian klik “Uninstall updates” yang nantinya akan mengarahkan anda menu Control Panel.

 

 

  • Selanjutnya anda dapat melakukan cara yang sama dengan cara sebelumnya. dan ketika sudah selesai, Anda diharuskan untuk merestart komputer agar update tersebut benar-benar ter-uninstal dengan sempurna.

Demikianlah 2 cara uninstall update windows 10 dengan menggunakan menu control panel dan menu settings, mudah-mudahan cara ini bisa mengatasi masalah pada windows 10 yang gagal update.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *