Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Hitam Printer Epson PLQ-20

Posted on

Kangbedol.comMengatasi Hasil Cetak Bergaris Hitam Printer Epson PLQ-20 – Printer passbook Epson PLQ-20 ini bukanlah printer kebayakan seperti merk yang lainnya. Printer passbook Epson PLQ-20 jarang digunakan oleh kantor-kantor ataupun perorangan, sebab printer ini memiliki desain khusus yang biasanya banyak digunakan oleh perusahaan perbankkan, sebab printer ini berguna untuk mencetak buku tabungan dengan sangat mudah.

Jenis printer Epson PLQ-20 adalah tipe dot matrix alias printer yang masih menggunakan jarum head dan pita. Harganya pun terbilang mahal, namun demikian printer ini juga tak luput dari masalah kerusakkan. Sebelumnya saya juga pernah membahas tentnag cara menganti jarum head printer passbook PLQ-20. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas permasalahan lainnya yang sering terjadi pada printer Epson PLQ-20, yaitu cara mengatasi hasil cetak bergaris hitam tebal pada tulisannya.

Baca Juga : Cara Mengganti Jarum Head Printer Epson PLQ-20

Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Hitam Printer Epson PLQ-20

Sebenarnya hasil cetakan hitam yang bergaris tebal pada tulisan printer passbook Epson PLQ-20 ini adalah kerusakan atau bermasalahnya roda pada head printer tersebut. Hal ini disebabkan roda karet sudah mulai menipis atau habis, sehingga mengakibatkan posisi kedudukan head tidak lagi pada posisi normal pada saat mencetak. Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda harus mengganti roda head dengan yang baru.

Cara Mengganti Roda Head Printer Epson PLQ-20

1. Lepaskan Head Printer dari kedudukannya, dengan cara membuka kedua baut (kanan kiri) yang mengikat Head printer tersebut.

2. Selanjutnya baru anda buka baut yang mengikat roda head printer.

3. Ganti roda head dengan yang baru, lalu pasang seperti semula.

Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Hitam Printer Epson PLQ-20
Roda Head Printer Epson PLQ-20

Catatan : Hal yang perlu anda perhatikan disini adalah sebelum melepas roda head. Perhatikan dengan benar posisi kedudukannya terlebih dahulu, jangan sampai terjadi kesalahan saat anda memasang kembali dengan roda yang baru. Jika hal itu terjadi maka sama saja hasil cetakan akan tetap bergaris hitam tebal, atau mungkin sebaliknya hasil cetakan menjadi tidak jelas. Maka dari itu anda harus bisa mengatur posisi roda head dengan tepat dan benar agar nantinya hasil cetakan menjadi sempurna atau kembali normal.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi hasil cetak bergaris hitam tebal pada Printer Passbook Epson PLQ-20. Semoga artikel ini dapat membantu bagi anda yang lagi membutuhkannya, selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kangbedol serta dapatkan update artikel dan tutorial lainnya.


Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *