Membuat dan Menggabungkan File PDF Secara Offline

50 views

Kangbedol.com –  Tahukah kamu ternyata cara membuat dan menggabungkan file PDF secara offline sangatlah mudah. Dengan menggunakan bantuan sebuah software Nitro PDF dan Adobe Reader saja kalian sudah bisa untuk membuat file PDF yang bekualitas. Seperti cara merubah format dokumen ke PDF, gambar ke PDF dan lain sebagainya. Kalian juga bisa menggabungkan beberapa file yang akan di convert menjadi satu file PDF secara offline.

Seperti yang kita ketahui bahwa format file atau dokumen yang paling banyak diminati adalah format PDF, sebab file PDF banyak memberikan kemudahan terhadap para penggunanya. Salah satunya adalah dapat dibuka di berbagai macam aplikasi atau perangkat tanpa merusak tata letak dokumen tersebut, salian itu mudah dikirim melalui berbagai media, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Membuat dan Menggabungkan File PDF Secara Offline

 

Seperti yang sudah saya katakan di awal, untuk membuat file pdf kamu harus memiliki terlebih dahulu software Nitro pro atau Adobe Reader, jika sudah ada silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara convert JPG ke PDF secara offline

 

1. Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Nitro Pro

  • Cara berikut ini bisa juga kalian gunakan untuk menggabungkan beberapa file JPG atau gambar untuk di convert menjadi satu file PDF.
  • Bisa juga digunakan menggabungkan beberapa file dokumen seperti word, excel untuk di convert menjadi satu file PDF.
  • Langsung saja, silakan kamu buka software Nitro Pro di PC ataupun laptop, lalu silakan kamu klik tab menu Home yang ada di bagian atas. Lalu silakan kamu klik “Combine” yang berada di kategori Create.

Membuat dan Menggabungkan File PDF Secara Offline

  • Selanjutnya, akan muncul jendela Combine Files. Silakan kamu pilih “Add Files“. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Membuat dan Menggabungkan File PDF Secara Offline

 

  • Kemudian, silakan kamu pilih file mana saja yang ingin kamu gabungkan menjadi satu file PDF. Lalu, silakan klik Open. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

  • Setelah itu, jika file yang akan kamu rubah ke PDF sudah muncul silakan kamu klik “Create“. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

  • Selanjutnya aplikasi nitro akan otomatis menyimpan file yang sudah tergabung. Silakan kamu pilih lokasi penyimpanan dan nama file yang ingin kamu simpan. Lalu klik “Save“.

  • Dengan demikian Selesai sudah, cara menggabungkan file PDF. Silahkan kamu lihat file gabungan yang telah kamu simpan tadi.

Artikel Terkait : Cara mengecilkan ukuran file PDF

 

2. Cara menggabungkan File PDF menggunakan Adobe Reader

Sebenarnya untuk menggabungkan file PDF dengan menggunakan software Adobe Reader. Caranya juga hampir sama seperti cara menggabungkan file PDF dengan Nitro Pro diatas. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Adobe Reader di PC ataupun laptop kalian. Pada tampilan awal silakan klik “Combine Files“. Jika menu tersebut tidak muncul, silakan kamu buka melalui menu “Tools” yang ada di bagian atas.

Membuat dan Menggabungkan File PDF Secara Offline

  • Kemudian, klik “Add Files” untuk memasukkan file yang ingin di gabungkan menjadi PDF. Kemudian klik “Open“.
  • Setelah semua file telah terbuka, silakan klik tombol “Combine” yang berada di pojok kanan atas. Tunggu beberapa saat proses convert akan segera berjalan, biasanya tidak akan lama.
  • Jika proses sudah selesai, silakan simpan file dengan cara klik menu “File“. Lalu klik “Save As“. Lalu tentukan lokasi file yang ingin kamu simpan.
  • Terkhir silahkan beri nama file yang akan kamu simpan, lalu silahkan klik “Save“. Selesai.

Demikianlah tutorial singkat tentang cara menggabungkan beberapa file ke format PDF menjadi satu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *