Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Hilang Data

Posted on

Kang Bedol – Menambah kapasitas pada drive C yang sudah terinstall windows menurut kang bedol bukanlah hal yang gampang. Jika tidak cermat bisa-bisa data dan sitem windows yang ada pada drive C bisa hilang semuanya, Dan sudah pasti itu bukan hal yang kita inginkan, karena dalam prosesnya untuk menambah kapasitas drive C pada komputer atau laptop Harddisk haruslah di partisi ulang,
dengan demikian maka data yang ada pada Harddisk akan hilang semuanya, Untuk mencegah kehilangan data jalan satu-satunya adalah dengan memindahkan/copy dahulu data yang ada ke harddisk yang lain.

Sehingga pada saat kita menambah kapasitas darive C data yang ada tidak hilang. Numun hal ini akan menyita waktu lama dan kemungkinan besar kita harus menginstal ulang sistem windows-nya, Karena secara otomais penambahan kapasitas pada drive C harddisk pada komputer kita harus di partisi ulang dan harus diformat sehingga harddisk dalam keadaan kosong.

Baca Juga : Cara Defrag Hardisk Secara Otomatis di Windows 10

Untuk itulah disini saya akan memberikan sedikit cara yang pernah saya dapat, Tentang bagaimana menambah kapasitas drive C tanpa harus kehilangan data. Dan cara ini sudah pernah saya coba dan berhasil. Software yang di butuhkan adalah EaseUS Partition Master dan sobat bisa mendownloadnya disini gratis.
URL: http://www.easeus.com/partition-manager/epm-free.html Setelah sobat mendownloadnya kemudian ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Cara Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Hilang Data

1. Jalankan Software EaseUS setelah terbuka klik “Launch Application

2. Selanjutnya akan terlihat partisi-partisi yang sudah kita buat sebelumnya, ada Drive C, D, dan E. Klik kanan pada drive D kemudian pilih “Resize/Move Partition“.

3. Setelah itu akan muncul jendela menu, Pada Menu “Decide and Position” Tarik dari posisi kiri ke kanan, Hal ini untuk menentukan jumlah kapasitas drive C yang kita inginkan.

Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Hilang Data

4. Kemudian setelah selesai menyesuaikan kapasitas drive C yang kita inginkan, Maka akan muncul Allocated di sebelah kanan drive C, Setelah itu klik kanan pada drive C pilih “Resize Move Partition tarik dari kiri ke kanan sampai penuh pada menu “Decide and Position Klik OK

Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Hilang Data

5. Setelah step by step selesai, Pada menu General pilih Apply Change, Kemudian Restart maka akan terlihat proses pemindahan data pada saat Booting. Tunggu hingga beberapa saat hingga komputer menyala kembali. Dan lihat hasilnya pada drive C akan bertambah kapasitasnya.

Terkait : Cara Ampuh Mengembalikan Data Yang Hilang

Demikianlah Tutorial yang saya dapatkan, tentang bagaimana cara menambah jumlah kapasitas pada drive C tanpa harus kehilangan data. Dan ini sudah saya bagikan kepada sobat semua. Semoga dapat bermamfaat. Dan selamat moncoba.


Artikel Menarik Lainnya :

9 thoughts on “Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Hilang Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *