Mengenal Pengertian VGA Card Fungsi Serta Jenisnya

17 views

Kang Bedol – Dalam dunia komputer kita sering mendengar istilah Video Graphics Accelerator (VGA) atau sering juga disebut dengan video card, video adapter, graphich card, display card. Untuk orang awan mungkin akan sedikit bingung dengan kata VGA, namun jika anda seorang desainer yang berhubungan dengan multimedia, atau seorang gamer yang selalu memainkan berbagai macam jenis games dengan kualitas graphics yang tinggi, anda pasti tahu apa itu yang disebut dengan VGA, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan pengertian dan fungsi VGA card serta seluk beluk dari jenis VGA Card.

Mengenal Pengertian VGA Card Fungsi Serta Jenisnya
Video Graphics Accelerator (VGA)

Pengertian dari VGA Card

Tentu anda ingin bertanya apa itu VGA? jika dijelaskan secara singkat VGA merupakan sebuah hardware yang dapat melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor, VGA pertama kali dipublikasikan oleh perusahaan IBM, dahulu VGA sering digunakan untuk komputer yang beresolusi dengan ukuran layar 640×480 yang sekarang tidak lagi digunakan, karena untuk sekarang ini VGA sudah menggunakan graphics accelerator chipset yang mampu melakukan rendering tiga dimensi (3D) untuk ditampilkan ke layar monitor, didalam VGA terdapat sebuah perangkat prosesor yang disebut dengan Graphics Processing Unit (GPU) serta terdapat memori didalamnya. Untuk menggunakan VGA anda tinggal menancapkan pada slot yang sudah tersedia pada Motherboard dan menghubungkannya ke layar monitor.

Fungsi VGA Card

Adapun fungsi dari VGA itu sendiri adalah untuk merubah atau menerjemahkan sinyal digital yang ada pada komputer ke monitor untuk menampilkan graphics atau gambar, seperti yang sudah anda ketahui bahwa VGA dapat menciptakan output ke monitor, jadi jika anda yang berprofesi sebagai desainer atau pecandu gemes yang membutuhkan graphics tinggi maka anda sangat membutuhkan yang namanya VGA Card, ada banyak merk VGA yang sudah beredar ke publik diantaranya ATi Redeon, NVidia, SiS, S3, Cirrus Logic, Matrox, Trident, dan lain sebagainya.

Jenis VGA Card dari segi Memory

Dari VGA yang sudah banyak beredar saat ini tentu saja memiliki jenis dan perbedaan tersendiri, baik dari segi pemakaian ataupun dari jenis komponen yang di pakai, berikut beberapa perbedaan VGA dari segi memori yang digunakannya.

a. DRAM (Dynamic RAM) – VGA yang menggunakan memori jenis DRAM (Dynamic RAM) memiliki kecepatan kurang lebih 80ns atau 70ns, VGA jenis ini banyak digunakan oleh VGA Card 8, 16 sampai 32bit, sebab VGA dengan menggunakan memori DRAM (Dynamic RAM) di pergunakan untuk jenis komputer entry level yang tidak memerlukan warna dan kecepatan tinggi dalam merendering grafis, selain itu ada juga jenis MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang memiliki memori DRAM (Dynamic RAM).

b. EDO RAM – VGA Card yang memiliki memori jenis ini mempunyai kecepatan rendering 60ns sampai 35ns, EDO RAM banyak digunakan pada VGA Card 64bit yang umumnya mempunyai speed 60MHz.

c. VRAM (Video RAM) – VGA Card yang menggunakan VRAM memiliki kecepatan 20ns atau 10ns, kualitas VRAM lebih bagus dibandingkan dengan memori-memori yang saya sebutkan diatas tadi, sebab VRAM memiliki kecepatan untuk melakukan rendering dan biasanya digunakan untuk komputer high level atau untuk desain grafis.

d. SGRAM (Synchronous Graphic RAM) – VGA Card yang menggunakan memori jenis SGRAM memiliki kecepatan kurang dari 10ns, SGRAM banyak digunakan pada VGA Card dengan kelas tinggi yang sudah memiliki kemampuan 3D accelerator.

e. RAMBUS – VGA Card yang menggunakan RAMBUS, biasanya VGA Card jenis RAMBUS ini digunakan untuk perangkat konsol-kosol game seperti nintendo dan sega, sedangkan untuk yang menggunakannya juga masih sedikit.

Jenis I/O VGA Card

Untuk memasang atau mengunakan VGA Card ada beberapa bentuk slot yang bisa anda gunakan didalam motherboard, berikut ini jenis-jenis slot peripheral yang terdapat pada motherboard.

1. VGA ISA – Yang dimaksud dengan VGA Card ISA adalah VGA dengan jenis slot ekspansi ISA (industry standard architecture), VGA ini memiliki sistem 8-bit atau 16-bit namun untuk sekarang VGA dengan jenis ISA ini tidak diproduksi lagi, dengan alasan selain hasil rendering yang terbilang lambat dari segi tampilan juga sangat rendah, teknologi slot ISA 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981, sedangkan untuk slot ISA 16-bit diperkenalkan tahun 1984.

2. VGA EISA – VGA Card EISA adalah VGA yang bisa anda pergunakan dengan menggunakan slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) yang terdapat pada motherboard, VGA Card jenis ini memiliki sistem 32-bit, VGA Card EISA ini juga tidak di produksi lagi seperti VGA ISA karena keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya juga sangat rendah, teknologi slot EISA pertama kali diperkenalkan pada tahun 1988

3. VGA PCI – VGA Card PCI adalah VGA yang bisa anda pergunakan pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) yang memiliki sistem 32-bit atau 64-bit, VGA jenis ini juga sudah jarang dipergunakan lagi, teknologi slot PCI pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993.

4. VGA AGP – VGA Card AGP adalah VGA yang bisa anda pergunakan pada slot AGP (Accelerated Graphics Port) yang terdapat pada motherboard, VGA Card jenis ini pertama kali dibuat untuk kemampuan rendering yang lebih cepat dari CPU ke display dan memiliki sistem 128-bit atau 256-bit.

5. VGA PCIe – VGA Card PCIe merupakan VGA yang bisa anda pergunakan pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang terdapat pada motherboard, VGA Card jenis ini mempunyai rendering sangat bagus dengan kecepatan hingga 32GByte/s, teknologi PCIe (PCI Express) pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004.

Itulah pengertian dan fungsi dari VGA Card yang saya rangkum dari wikipedia dan berbagai sumber lainnya, semoga saja artikel ini bisa menjadi pembelajaran dan bermamfaat bagi kita semua.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *