Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit Mana yang Lebih Baik

39 views

Kangbedol.com – Sejauh ini OS windows memiliki dua basis sistem yang berbeda yaitu sistem 32bit dan 64bit. Dari kedua sistem tersebut mungkin diantara anda ada yang belum mengetahui dan memahami Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit di Operating sistem windows. Kebanyakan dari pengguna komputer tidak memperhatikan OS windows yang mereka gunakan sitem 32bit atau 64bit, badahal dalam penggunaanya ada beberapa perbedaan yang akan berdampak buruk bagi kenerja komputer itu sendiri.

Untuk saat ini mungkin Windows adalah OS yang paling banyak digunakan di perangkat komputer baik itu PC ataupun Laptop, meski ada beberapa OS lainnya seperti Linux, Ubuntu. Namun menurut saya Windows masih sangat populer di indonesia. Pada kesempatan kali inilah saya akan mencoba membahas secara singkat tentang perbedaan sistem 32bit dan 64bit yang ada pada OS windows.

Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit Mana yang Lebih Baik
Windows 10 Sistem 64bit

Sesuai dengan judul diatas Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit mana yang Lebih Baik, maka pada artikel kali ini saya akan coba membahas tentang perbedaan yang ada pada sitem 32bit dan 64bit. Agar nantinya kita semua tidak salah lagi dalam memahami dan membedakan kedua bit tersebut. Sehingga dalam penggunaanya dikomputer pun sesuai dengan spesifikasi yang ada.

Perbedaan Sistem Windows 32bit dan 64bit

Jika dilihat dari segi perbedaan yang ada, sistem windows 32bit dan 64bit ini memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok, namun demikian kedua sistem bit tersebut tetaplah memiliki performa tersendiri bagi penggunannya. Sebab secara keseluruhan tidak semua komputer bisa menggunakan basis sistem keduannya.

1. Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit dari segi Peforma

Untuk performa/kemampuan sistem windows 32bit dan 64bit sebenarnya sangat ditentukan oleh kemampuan kinerja Prosesornya. Jika dibandingkan kemampuan sistem windows 32bit dengan windows sistem 64bit jelas memiliki performa yang berbeda. Dilihat dari jumlah bit-nya saja, jelas prosesor 32bit lebih kecil dari 64bit, dimana arti dari bit tersebut adalah jumlah data/digit yang diproses. Dengan demikian jelas bahwa sistem 32bit dengan prosesor 32bit cocok digunakan pada komputer yang bekerja untuk pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu besar. Sedangkan sistem 64bit dengan prosesor 64bit memiliki performa yang sangat bagus, sehingga dapat digunakan untuk komputer yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, bermain game,dan lain sebagainya.

2. Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit dari segi RAM/Memory

Perbedaan yang paling menonjol antara sitem 32bit dan 64bit adalah pada RAM/Memory. Pada sistem windows 32bit memiliki batasan RAM yang lebih kecil dari pada sistem windows 64bit. Untuk batasan maximal penggunaan RAM pada windows 32bit adalah kurang dari 4GB (sekitar 3,2 GB), itulah sebabnya mengapa windows 32bit akan lebih optimal jika menggunakan RAM 1GB atau 2GB. Sedangkan untuk windows 64bit dapat menggunakan RAM yang melebihi kapasitas dari 4GB bahkan bisa lebih dari itu, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan dari prosesor antara 32bit dan 64bit. Bahkan prosesor 64bit dapat bekerja dengan memori berkapasitas 17 GB dan dapat bekerja dengan baik 2 kali lipat lebih optimal dari pada 32bit.

3. Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit dari segi Software

Perbedaan selanjutnya ada pada software, software sangat berpengaruh jika dijalankan pada sistem yang tidak kompatibel. Software 64bit tidak akan bisa berjalan, jika diinstall pada sistem 32bit. Namun sebaliknya sistem 64bit akan lebih leluasa, karena dapat menjalankan software 32bit ataupun 64bit secara optimal.

4. Perbedaan Sistem 32bit dan 64bit dari segi Kinerja

Kemampuan dalam memproses data, jelas sistem 64bit lebih cepat dan maximal, hal ini bisa dilihat dari perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor tentu akan sangat berpengaruh pada performa komputer itu sendiri. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses prosesor dalam satu kali putaran. sebagai contoh angka 32bit artinya data yang dimuat dalam sekali proses berjumlah sebesar 32bit. Itulah mengapa sebabnya proses data pada windows sistem 64bit lebih cepat dan maximal dari pada windows sistem 32bit.

Kelebihan Windows Sistem 32bit dan 64bit

Jika anda membaca secara detail artikel yang sudah saya buat ini, mungkin anda sudah bisa menyimpulkan sendiri kelebihan dan kekuragan antara sistem 32bit dan 64bit ini.

Kelebihan Windows Sistem 32bit

  • Sangat kompatible dengan driver yang digunakan oleh komputer atau laptop lama.
  • Dapat bekerja secara optimal dengan menggunakan RAM dibawah 4GB, (terutama 1BG-2GB) cocok bila digunakan untuk komputer atau laptop jadul.
  • Dapat menjalankan software dengan basis 16 bit seperti yang dipakai oleh kompuer-komputer lama.

Kelebihan Windows Sistem 64bit

  • Dapat menjalankan software 32bit secara optimal
  • Proses pengolahan data lebih cepat dan maxsimal, sehinģga menjadi sangat efesien.
  • Mampu membuat kenerja prosesor menjadi lebih baik dan optimal.
  • Sangat cocok untuk software dan aplikasi terbaru, yang memiliki kapasitas lebih besar.

 

Kekurangan Windows sistem 32bit dan 64bit

Jika tadi kita telah membahas kelebihan dari windows sistem 32bit dan windows sistem 64bit, maka sekarang kita akan membahas tentang kelemahan dari masing-masing bit.

Kekurangan Windows Sistem 32bit

  • Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.
  • Hanya bisa menggunakan software 32bit, tidak cocok dengan software atau aplikasi baru terutama yang 64bit.
  • Tidak bisa menjalankan software atau games berat yang membutuhkan spesifikasi yang besar.

Kekurangan Windows Sitem 64bit

  • Tidak direkomendasikan untuk jenis komputer lama.
  • Spesifikasi yang dimiliki komputer harus tinggi

 

Kesimpulan

Tidak semua komputer bisa menggunakan sistem 32bit dan 64bit secara optimal, jadi sesuaikanlah jika ingin menggunakan salah satu dari sistem tersebut untuk komputer anda, mana yang cocok sistem 32bit atau 64bit.

Jika anda hanya menggunakan komputer yang spesifikasinya rendah dan hanya digunakan untuk pekerjaan yang ringan-ringan saja lebih baik anda menggunakan sistem 32bit.

Namu jika anda menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi, dan membutuhkan peforma yang maximal seperti untuk bermain game berat, desain gambar, fotografer dan lain sebagainya, anda bisa menggunakan sistem 64bit, selain itu sistem 64bit sudah kompatible dengan semua software dan mendukung lebih besar penggunaan RAM/Memory.

Dengan sedikit penjelasan singkat dan kesimpulan yang ada, saya kira anda sudah bisa menebak mana yang lebih baik dari kedua sistem bit tersebut. Dengan demikian anda bisa menentukan mana sistem yang akan anda gunakan pada komputer anda.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *