Tips memilih template blog yang baik dan berkualitas

36 views

Kang Bedol – Bagi seorang blogger pemula seperti saya, tentulah sangat kesulitan untuk memilih atau menentukan sebuah template blog yang baik dan benar sesuai dengan kriteria blogger, apalagi sekarang ini banyak sekali bertebaran template-template blog gratis maupun berbayar dengan desain yang bagus, keren, unik, seo friendly dll, kadang sempat membuat para blogger tergiur untuk memakainya meski tak tahu apakah template tersebut baik untuk perkembangan blog yang sedang dibangun atau malah berdampak buruk, sebab pembuatan template blog yang kurang memperhatikan kualitas akan berdampak buruk pada optimasi blog yang kurang optimal, meski kita sadar bahwa artikel yang berkualitaslah yang menjadi foktor penting yang dapat mempengaruhi eksistensi blog dihalaman pencarian google. Lantas bagaimana tips memilih template blog yang baik dan berkualitas.

Ada beberapa tips memilih template blog yang berkualitas. Template ibarat rumah dari berbagai artikel yang kita buat, maka gunakanlah rumah yang bagus dan berkualitas untuk kelangsungan hidup bagi penghuninya. Gunakanlah template blog yang baik dan benar, maka kemungkinan besar akan berdampak baik pula untuk SEO serta akan membantu artikel itu sendiri cepat terindek dan mudah untuk ditemukan pada halaman pencarian google.

Tips memilih template blog yang baik dan berkualitas
Memilih template blog yang berkualitas

 

Tips memilih template blog yang baik dan berkualitas

Agar jangan salah dalam memilih sebuah template blog yang baik dan berkualitas, ada beberapa kriteria utama yang wajib anda ketahui. Berikut adalah tips memilih template blog yang baik.

1. Kualitas struktur data template harus baik

Gunakanlah template blog dengan struktur kode yang baik sehingga blog akan mudah dan cepat terindexs oleh mesin pencari seperti google dan yang lainnya, blog dengan kualitas struktur data yang baik bukanlah blog dengan struktur data schema markupnya yang tidak salah atau error, tetapi blog tersebut harus mampu menggunakan schema markup yang tepat untuk blog itu sendiri.

Untuk melihat template blog dengan kualitas struktur data schema markup yang bagus anda bisa menggunakan tool yang sudah disediakan oleh google yaitu https://search.google.com/structured-data/testing-tool, untuk cara menggunakannya anda tinggal memasukan url blog anda, kemudian tekan tombol “Jalankan pengujian” (Run Test), tunggu beberapa saat anda akan melihat hasilnya.

Struktur data template harus baik
Struktur data template harus baik

Jika terdapat struktur data schame markup yang error atau salah, itu artinya anda harus segera memperbaiki template blog yang anda punya agar tidak terjadi error.

2. Kualitas template blog harus ringan

Yang dimaksud ringan disini adalah kecepatan akses atau loading blog ketika dibuka oleh pengunjung akan terasa cepat, sehingga setiap pengunjung yang mengakses blog kita akan terasa nyaman, loading blog yang ringan akan berdapak baik untuk meningkatkan rangking blog dimesin pencari.

Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui template yang kita gunakan adalah template blog yang ringan. Ada banyak sekali tool yang bisa kita gunakan untuk mengecek ringan tidaknya sebuah template blog, dan berikut ini adalah beberapa tool yang bisa anda digunakan:

  • GTmetrix

Tool ini berfungsi menganalisis dan memeriksa kecepatan sebuah template blog, serta memberi rigkasan mana saja struktur template blog yang dapat diperbaiki jika tidak berkerja secara maksimal.

Jika anda ingin mencoba menggunakan tool ini silahkan untuk mengunjungi https://gtmetrix.com/, selanjutnya anda tinggal memasukan url bog anda, setelah itu tekan tombol “Analyze” tunggu beberapa saat tool GTmetrix akan menganalisis blog anda sampai menampilkan hasilnya. Hasil yang akan ditampilkan dari 1% sampai 100%, jika Pagespeed score dan Yslow score menunjukan nilai dan berwarna hijau maka template blog anda dalam keadaan baik, namun jika anda mampu untuk memperbaikinya hingga mencapai angka 100% itu akan lebih baik lagi. Inilah salah satu tips memilih template blog yang baik.

Template blog harus ringan

 

  • Google PageSpeed Insights

Fungsi dan cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan tool GTmetrix, jika anda ingin mencobanya anda bisa membuka https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/, selanjutnya masukan url blog anda lalu tekan tombol “Analisis” tunggu beberapa saat maka anda akan melihat hasilnya, nilai yang paling baik adalah 100%, sebab PageSpeed insights ini menganalisa template blog dari angka 1% sampai 100%, jika menunjukan warna hijau berarti blog anda baik, namun jika menunjukan warna kuning atau merah berarti anda harus berkerja keras untuk memperbaiki template blog anda.

Itulah beberapa tool yang bisa anda gunakan untuk mengecek fast loading template blog anda, salah satu ciri blog yang disukai pengunjung adalah blog yang ringan.

Baca Juga : Membuat Gambar Agar Tidak Melebihi Halaman Postingan

3. Kualitas template blog harus SEO Friendly

Apa itu template SEO Friendly, template seo friendly adalah template dengan kualitas yang ramah dengan mesin pencari, artinya template yang dalam pembuatannya memiliki struktur dan unsur-unsur yang di sukai oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll.

Untuk mengetahui sebuah template blog seo friendly, anda bisa mengujungi tool chkme http://chkme.com/page-seo-tools, selanjutnya anda tinggal memasukan alamat blog anda, ingat tanpa http://, anda cukup memasukan sebagai contoh kang-bedol.blogspot.com saja. kemudian tekan tombol “Check” tunggu beberapa saat sampai anda melihat hasilnya.

Template Blog harus SEO Friendly

Jika hasilnya belum mencapai 100% seperti terlihat pada gambar diatas, anda bisa untuk memperbaikinya lagi dengan cara melihat struktur data apa saja yang error yang di perlihatkan oleh tool chkme tadi, ingat nilai SEO yang ada pada tool chkme ini sangat di pengaruhi oleh postingan anda.

4. Kualitas template blog harus Responsive

Template blog yang responsive adalah template blog yang tampilan halamannya bisa menyesuaikan dengan ukuran layar yang menggunakannya tanpa harus menggeser ke kanan dan ke kiri.

Template blog yang responsive jika dilihat dari layar komputer, smartphone, dan yang lainnya akan menyesuaikan dengan ukuran halaman, intinya tulisan yang ada pada artikel postingan akan terbaca dengan mudah dan baik oleh penggunanya.

Untuk melihat apakah sebuah template blog responsive, anda bisa menggunakan sebuah tool khusus http://www.responsinator.com/, setelah itu masukan alamat url blog anda, lalu tekan tombol “GO“, tunggu beberapa saat kemudian anda akan melihat hasilnya.

Template blog harus Responsive

Jika template blog memiliki struktur data yang responsive seperti terlihat pada gambar diatas, itu artinya anda bisa menggunkan template tersebut, namun jika template tidak menunjukan struktur data yang responsive sebaiknya anda perbaiki atau ganti dengan menggunakan template blog yang lebih responsive.

5. Kualitas template harus Mobile Friendly

Mungkin diantara anda ada yang merasa heran dan ingin bertanya, sebenarnya apa perbedaan responsive dan mobile friendly, bukankah template yang responsive sudah mendukung mobile frienly atau sebaliknya.

Jika kita perhatikan sepintas template responsive dan mobile friendly tidak ada perbedaan yang mencolok, namun perlu anda perhatikan bahwa template blog yang responsive sudah pasti mobile friandly, sedangkan template mobile friendly belum tentu responsive.

Biasanya jenis template blog yang mobile friendly jika diakses mengunakan perangkat mobile maka alamat url blog kira-kira akan seperti ini, sebagai contoh http://bedolblog.blogspot.com?m=1

sedangkan untuk template blog yang responsive jika diakses menggunakan perangkat mobile alamat url blog tidak akan berubah, sebagai contoh http://bedolblog.blogspot.com/, namun tetap bisa menyesuaikan dengan lebar ukuran perangkat yang mengaksesnya.

Untuk mengetahui template blog mobile friendly anda bisa mengunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/, untuk cara menggunakannya anda tinggal memasukan alamat url blog anda, selanjutnya tekan tombol “Analyze“, tunggu beberapa saat anda akan mengetahui hasilnya, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Template harus Mobile Friendly

Demikianlah tips memilih template blog yang baik dan berkualitas, saya kira lagkah-langkah diatas lebih dari cukup untuk mengetahui ciri-ciri dan jenis template blog yang baik dan berkualitas, dengan begitu kita tidak salah memilih sebuah template blog yang akan kita gunakan.


Baca Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *